Oleh: yan imaka | April 15, 2008

KerinduanNya diungkapkan lewat doaNya. Firman: Yohanes 17: 6-19

Ini adalah doa Tuhan Yesus Kristus mendekati akhir pelayananNya di bumi sebelum Ia ditangkap dan disalibkan oleh manusia yang adalah milikNya. Tuhan Yesus berdoa dan dibagian ini Tuhan berdoa khusus untuk murid-muridNya, “Aku berdoa untuk mereka. Bukan untuk dunia” (ay 9). “Mereka telah menerimanya. Mereka tahu benar-benar….dan mereka percaya” (ay 8). “sebab mereka adalah milikMu …… dan milikMu adalah milikKu” (ay 10).

Mengapa Tuhan Yesus mendoakan murid-muridNya? Karena Dia mengetahui betapa sulitnya hidup di dunia ini. Penuh dengan tantangan dari sebab itu Tuhan berdoa mendoakan murid-muridNya untuk empat hal yaitu sebagai berikut:

1. Supaya umatNya terpelihara dalam persekutuan.
“peliharalah mereka dalam namaMu……supaya mereka satu sama seperti Kita” (ay 11b). KehendakNya adalah persatuan dalam keakraban seperti Bapa dan Anak bersatu dan tidak dapat dipisahkan. Rasul Paulus menyatakan bahwa umat Tuhan bersatu bagaikan satu tubuh, “….walaupun banyak adalah satu tubuh dalam Kristus” (Rom 12: 5). Mungkinkah anggota tubuh dipisah-pisahkan tanpa ada rasa sakit?

2. Supaya umatNya dilindungi dari yang jahat.
“Supaya Engkau melindungi mereka dari pada yang jahat” (ay 15). Umat Tuhan akan berhadapan dengan iblis selama di dunia ini.Tuhan Yesus menggambarkan seperti “domba ketengah-tengah serigala” (Mat 10:16) dan yang akan terjadi “serigala itu menerkam dan mencerai beraikan domba-domba itu” (Yoh 10:12). Dari sebab itu jangan dekat-dekat dan jangan kompromi dengan iblis, “lawanlah dia dengan iman yang teguh” (1 Pet 5:9). Injil Matius juga menyatakan “hendaknya kamu cerdik seperti ular dan tulus seperti merpati” (Mat 10:16b).

3. Supaya umatNya dikuduskan dalam kebenaran
“Kuduskanlah mereka dalam kebenaran; firmanMu adalah kebenaran” (ay 17). Rasul Yakobus menyatakan firman itu “berkuasa menyelamatkan jiwamu” (Yak 1:21). Jiwa yang berontak harus ditenangkan dengan kuasa Firman Tuhan sehingga kita tidak menyimpang dari kehendakNya dan melakukan perbuatan dosa yang akan menjadi penghalang hubungan kita dengan Tuhan. (baca Yes 59: 1-2 & Ib 12:14).

4. Supaya umatNya menjadi bagian dalam misi Kristus.
“Sama seperti Engkau telah mengutus Aku ……demikian pula Aku telah mengutus mereka ke dalam dunia” (ay 18). Dinyatakan telah diutus untuk menyampaikan kebenaran dari sebab itu betapa pentingnya bagi kita untuk hidup dalam kebenaran dan menjadi teladan. Kehendak Tuhan agar kita bekerja di ladangNya untuk memenangkan jiwa. Rasul Paulus menyatakan “giatlah selalu dalam pekerjaan Tuhan! Sebab kamu tahu, bahwa persekutuan dengan Tuhan, jerih payahmu tidak sia-sia” (1 Kor 15:58). Ada berkat dan ada pahala dan ada pula mahkota yang telah disiapkan Bapa untuk kita, umat pemenang!


Responses

  1. ooooooooooooohhhhh…..


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: