Oleh: yan imaka | April 15, 2008

Hatimu menentukan kehidupanmu. Firman: Yehezkiel 11: 17-21

Nabi Yehezkiel mendapat pernyataan Tuhan bahwa Tuhan akan me kan dan diberi tempat, “Aku akan menghimpunkan kamu …. dan mengumpulkan kamu…. Aku akan memberikan kamu tanah Israel” (ay 17) dan janjiNya “Aku akan memberikan mereka hati yang lain dan roh yang baru dalam batin mereka” (ay 19).

Mengapa dibutuhkan “hati yang lain dan roh yang baru”? Perlu disadari manusia yang telah jatuh dalam dosa memiliki hati yang dinyatakan “segala kecendrungan hatinya selalu membuahkan kejahatan” (Kej 6:5) sedangkan roh manusia dinyatakan mati karena melanggar pernyataan Tuhan, “Jangan kamu makan ataupun raba buah itu, nanti kamu mati” (Kej 3:3). “Hati yang lain dan roh yang baru” perlu diberikan kepada manusia tetapi Tuhan menyatakan bahwa akan diberikan “sesudah mereka datang di sana” (ay 18) dan bertobat (baca ay 18).

“Datang di sana” dapat dinyatakan datang dan menjadi bagian tubuh Kristus, masuk ke dalam penggembalaan. Sesudah itu Tuhan akan memberikan “hati yang lain dan roh yang baru dalam batin mereka” (ay 19) agar Bapa yang “telah menyuruh Roh Anaknya ke dalam hati kita” (Gal 4:6) akan berada di hati kita yang telah diperbaharui. Roh Tuhan akan pula bersekutu dengan roh kita secara akrab sehingga memberikan kemampuan bagi kita yaitu:

1. Mampu mengetahui kehendak Tuhan
“supaya mereka hidup menurut segala ketetapanKu dan peraturan-peraturanKu dengan setia” (ay 20a). KetetapanKu dan peraturan-peraturanKu, itu adalah kehendakNya yang harus diketahui dengan benar. Bagaimana caranya? Beberapa hal yang dapat dilakukan diantaranya membaca hingga mengerti Firman dan memiliki kesensitifan akan suara hati. Kisah sewaktu sida-sida dari Etiopia membaca Firman, ia berkata kepada Filipus “Bagaimanakah aku dapat mengerti kalau tidak ada yang membimbing aku” (Kis 8:31). Pertimbangkanlah agar kita dapat mengerti Firman, kita membutuhkan orang lain yang sanggup membimbing kita. Demikian pula bagi yang menggunakan suara hati agar menyadari bahwa suara hati dapat berasal dari Roh Tuhan, roh iblis dan diri sendiri karena itu suara hati perlu diuji apakah sesuai dengan Firman.

2. Mampu mentaati Firman Tuhan.
“supaya mereka hidup menurut segala ketetapanKu dan peraturan-peraturanKu dengan setia” (ay 20a). Menurut dengan setia menjadi pelaku Firman, itu adalah kehendakNya. Alkitab menyatakan pelaku Firman “akan berhasil dan engkau akan beruntung” (Yos 1:8) dan “akan berbahagia” (Yak 2:25). Raja Daud senantiasa bertanya kepada Tuhan akan kehendak Tuhan yang harus dilakukannya. Penulis Ibrani menyatakan “supaya sesudah kamu melakukan kehendak Allah, kamu akan memperoleh apa yang dijanjikan itu” (Ib 10:36). Betapa indahnya jika hidup senantiasa melakukan kehendakNya, jaminan seperti yang dijanjikanNya yaitu berhasil, beruntung (Yos 1:8) dan berbahagia (Yak 1:25).

3. Mampu mengakui bahwa Ia adalah Tuhan.
“maka mereka akan menjadi umatKu dan Aku akan menjadi Allah mereka” (20b). Pengakuan Simon Petrus “Engkau adalah Mesias, Anak Allah” (Mat 16:16) ditanggapi oleh Tuhan Yesus dengan pernyataan “bukan manusia yang menyatakan itu kepadamu melainkan BapaKu yang di surga” (Mat 16:17). Mengakui bahwa Kristus adalah Tuhan adalah karya Roh Kudus, seperti yang dinyatakan Rasul Paulus “Oleh Roh itu kita berseru, ya Abba, ya Bapa!” (Rom 8:15). Akibat dari pengakuan ini dinyatakan “Sebab jika kamu mengaku dengan mulutmu bahwa Yesus adalah Tuhan dan percaya dalam hatimu …. maka kamu akan diselamatkan” (Rom 10:9). lakukan pembaharuan bagi Israel, umatNya.


Responses

  1. bukan cuma hati tp tindakan kita..
    hehhehe………


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: